Memperingati Hari Pahlawan 10 November

|

Kembali kita mengenang pada tanggal 10 November yang merupakan salah satu di antara berbagai hari bersejarah yang teramat penting dalam perjalanan bangsa Indonesia. Sejak lebih dari setengah abad yang lalu, tanggal 10 November telah dinyatakan oleh bangsa kita sebagai Hari Pahlawan. Hari di mana para pejuang Indonesia mempertahankan kedaulatan negara yang dicoba dirampas kembali kemerdekaannya oleh Belanda yang membonceng sekutu di kota Surabaya. Dalam pertempuran yang menewaskan banyak pejuang itu, Bung Karno pernah menyebutnya sebagai sebuah peristiwa heroik dengan semangat macan. Tetapi betapa naifnya bangsa kita ini, seolah hari pahlawan sekedar peringatan yang cukup dikenang saja, tanpa kita sadar bahwa berjuta-juta liter darah telah memerahkan bumi kita ini.Memang mempertahankan kemerdekaan amat berat. Kita tahu bahwa hal itu adalah sebuah perjuangan yang dihiasi oleh darah dan air mata. Amat terasalah perjuangan itu ketika pertama-tama berada dalam situasi kemerdekaan. Memang benar tidak semudah merebutnya.

Kini situasi sudah jauh berubah. Tak ada lagi penjajahan sebab seluruh bangsa-bangsa di dunia ini sudah menjadi negara berdaulat dan kemerdekaaan sudah menjadi sebuah hal universal bagi seluruh negara di manapun itu.Masalah yang kita hadapi adalah bagaimana mengisi dan mempertahankan kemerdekaaan. Semangat 10 Nopember adalah kekuatan untuk hal itu. Kita tahu bahwa persoalan yang kita hadapi sekarang ini adalah persoalan yang berat. Penjajah memang tak lagi datang, tetapi bahwa model lain dari penjajahan itu sudah menjadi persoalan kita sejak lama.
Kita harus membenahi negeri tercinta ini dengan mengoptimalkan potensi diri apapun itu, membela negara di alam kemerdekaan tidak harus dengan mengangkat senjata banyak hal hal positif yang bisa kita lakukan untuk mengisi kemerdekaan ini dengan mulai membenahi diri, keluarga sendiri, lingkungan baik manusia maupun alamnya dan jika setiap orang berpikir yang sama pasti akan mendatangkan dampak positif sekecil apapun itu.Marilah kita mengisi pembangunan di negara kita ini dengan semangat seperti semangat para pahlawan kita saat mempertahankan kemerdekaan dan menghasilkan sesuatu untuk negeri ini yang bisa membuat negeri ini menjadi lebih baik.

0 komentar: