Perkembangan PT Telekomunikasi Indonesia

|

PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. (TELKOM) merupakan perusahaan penyelenggara bisnis T.I.M.E (Telecommunication, Information, Media and Edutainmet) yang memiliki jasa layanan dan jaringan terbesar di Indonesia. TELKOM menyediakan layanan InfoComm, telepon tidak bergerak kabel (fixed wireline) dan telepon tidak bergerak nirkabel (fixed wireless), layanan telepon seluler, data dan internet, jaringan dan interkoneksi, baik secara langsung maupun melalui anak perusahaan. Pengabdian TELKOM berawal pada 23 Oktober 1856, tepat saat dioperasikannya layanan telekomunikasi pertama dalam bentuk pengiriman telegraf dari Batavia (Jakarta) ke Buitenzorg (Bogor). Selama itu pula TELKOM telah mengalami berbagai transformasi.
Transformasi terakhir sekaligus yang disebut dengan NEW TELKOM Indonesia adalah transformasi dalam bisnis, transformasi infrastruktur, transformasi sistem dan model operasi dan transformasi sumber daya manusia. Transformasi tersebut resmi diluncurkan kepada pihak eksternal bersamaan dengan New Corporate Identity TELKOM pada tanggal 23 Oktober 2009, pada hari ulang tahun TELKOM yang ke 153.Perayaan HUT ditandai dengan mengadakan apel di kantor TELKOM seluruh Indonesia.
Terkait dengan transformasi tersebut TELKOM juga melakukan perubahan mendasar dari sisi brand untuk meningkatkan citra perusahaan di mata seluruh stakeholder-nya serta menetapkan perubahan portofolio bisnis, positioning, value, tagline dan corporate identity. Dengan corporate identity baru tersebut TELKOM menerapkan budaya (culture) baru yakni komitmen, spirit, promise, product and service quality serta service culture yang sama sekali baru. TELKOM juga mengusung positioning baru yaitu Life Confident, 5 value baru yaitu Expertise, Empowering, Assured, Progressive & Heart, tagline baru yaitu The World is in Your Hand (Sebagai pengganti Committed 2U) serta memiliki corporate identity yang baru (logo).
Melalui citra baru tersebut diharapkan TELKOM dapat memberikan sebuah pengalaman baru yang berbeda dari sebelumnya kepada stakeholders. Pengalaman baru tersebut adalah layanan yang lebih baik dari operator mana pun yang pernah mereka kenal dan rasakan, serta layanan yang akan membangkitkan sebuah pengalaman yang benar-benar baru.
TELKOM kini selain memiliki Logo Baru juga memiliki Hari Ulang Tahun yang dirayakan untuk pertama kali. Karena selama ini TELKOM selalu merayakan hari ulang tahunnya bersamaan dengan Hari Bhakti Postel, padahal layanan telekomunikasi yang menjadi tonggak sejarah berdirinya TELKOM telah berlangsung 153 tahun yang lalu. Saat itu, terjadilah pengiriman telegraf elektromagnetik untuk pertama kali-nya di Indonesia dari Batavia (Jakarta) ke Buitenzorg (Bogor). Selain itu pada ajang Warta Ekonomi e-Company Award 2009 di Hotel Mulia Jakarta tanggal 29 oktober 2009 nama PT TELKOM disebut sebagai peraih Juara Satu e-Company Award 2009 dengan kategori perusahaan telekomunikasi. Selang beberapa lama kemudian, nama TELKOM kembali disebut sebagai peraih Best of The Best e-Company Award 2009. Penghargaan diberikan oleh CEO Warta Ekonomi, Mario Alisjahbana yang didampingi Pemimpin Umum Warta Ekonomi, Amie Effendi Siregar, dan diterima oleh Direktur IT & Supply, Indra Utoyo.

Dengan adanya berbagai pencapaian dan pengakuan yang diperoleh TELKOM di harapakan bisa terus memberikan yang terbaik untuk bangsa ini karena tentunya penerapan IT di Indonesia saat ini juga menjadi bagian yang tak terpisahkan dari transformasi TELKOM.
TELKOM dengan penguasaan pasar untuk setiap portofolio bisnisnya, kuatnya kinerja keuangan, serta potensi pertumbuhannya.TELKOM di masa mendatang dapat menjadi model korporasi terbaik Indonesia.

0 komentar: